Tersangka Hambalang Siap Ditahan KPK

15 Okt

“Saya sebagai bawahan diinstruksikan. Di luar itu saya tidak tahu.”

Senin, 15 Oktober 2012, 12:24 Ita Lismawati F. Malau, Dedy Priatmojo
Proyek Hambalang di Sentul Bogor
Proyek Hambalang di Sentul Bogor (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews – Tersangka kasus korupsi proyek Hambalang Deddy Kusdinar siap bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengungkap korupsi mega proyek di Kementerian Pemuda dan OlahRaga tahun 2010. Bahkan mantan Kepala Biro Perencanaan Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora itu mengaku siap ditahan KPK.

“Tadi saya sampaikan kalau kesalahan adminitrasi, apalagi saya waktu itu PPK sendirian, saya sih tidak masalah (ditahan). Tapi kalau saya ditahan karena korupsi, karena koruptor, mungkin…,” ujar Deddy yang tidak melanjutkan pernyataannya di gedung KPK, Jakarta, 15 Oktober 2012.

Sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek senilai Rp 2,5 triliun itu, Ia mengaku hanya menjalankan kewajibannya sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) di Kemenpora. “Sesuai yang pernah diinstruksikan kepada saya. Saya sebagai bawahan diinstruksikan. Tapi kalau di luar itu saya tidak tahu,” kata Deddy.

“Saya sebagai warga negara yang baik, jadi saya tidak akan menghindar dari pengadilan. Saya PPK tahun 2010. Jadi kalau sekarang ada yang bilang ‘tidak tahu, tidak tahu’, nanti akan ketahuan,” tegasnya.

Senada dengan kliennya, Kuasa Hukum Deddy, Rudy Alfonso menyerahkan seluruh proses hukum kepada KPK. Ini kan pemeriksaan pertama beliau sebagai tersangka. Semuanya berpulang kepada penyidik. Pak DK mengikuti proses saja, sebagai orang yang taat hukum,” tutur Rudy.

Juru Bicara KPK, Johan Budi SP mengatakan belum ada rencana akan menahan Deddy pada pemeriksaan perdananya sebagai tersangka. Johan mengaku keputusan menahan seorang tersangka merupakan alasan subjektif  penyidik. (sj)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: